Saturday 8 August 2015

Unsur-Unsur Manajemen


Mendengar kata manajemen mungkin tak asing bagi kita terutama yang memilih jurusan IPS. Dalam perkembangan waktu yang terus berjalan, ilmu manajemen terus berkembang. Manajemen memberikan pemahaman kepada manusia dalam meneliti, menganalisis, dan memecahkan masalah kaitannya dengan bidang manajemen. Dan kali ini kita akan membahas tentang Unsur-Unsur Manajemen.
1.       Pengertian Manajemen
Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno, menagement, artinya seni melaksanakan dan mengatur. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008) Edisi Keempat, manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran atau pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi.
Manajemen juga dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan tertentu, manajer harus memastikan fungsi perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), penyusunan personalia (Staffing), pengarahan (Actuating), dan pengawasan (Controlling) berjalan dengan baik
2.       Sarana dalam Manajemen
  •        Manusia (Man)
Pada manajemen, faktor manusia berperan paling menentukan. Karena manusia lah yang menyusun rencana dan juga melaksanakan proses manajemen untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Karena itulah diperlukan manusia yang sesuai kompetensinya. 
  •     Uang (Money)
Uang termasuk salah satu sarana (Tools) yang tidakk dapat diabaikan untuk mencapai tujuan tertentu.
  •        Bahan (Materials)
Bahan (materials) meliputi bahan mentah (raw materials), barang setengah jadi, dan barang jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil terbaik, dibutuhkan bahan-bahan berkualitas dengan harga tertentu. Penentuan bahan berkualitas dengan didukung sumber daya manusia yang kompeten dapat mencapai tujuan.
  •       Mesin (Machines)
Mesin modern dapat mempermudah pelaksanaan proses produksi dan menciptakan efesiensi kerja. Selain itu, suatu perusahaan dapat menghasilkan keuntungan lebih besardengan bisya produksi tertentu.
  •       Metode (Methods)
Diperlukannya sebuah metode tertentu, yaitu suatu cara kerja yang teratur dan tersistem.
  •         Pasar (Market)
Pasar adalah tempat bertemunya penawaran dan permintaan barang dan/atau jasa pada waktu dan tingkat harga tertentu. Perusahaan harus mampu memproduksi produk yang berkualitas dan berdaya saing agar menguasai pasar.

3.       Tingkatan Manajemen
Tingkatan Manajemen dapat dibedakan menjadi cakupan kegiatan manajemen dan hierarki manajemen.

a.       Cakupan Kegiatan Manajemen
Berdasarkan cakupan kegiatannya, manajemen dibedakan menjadi dua, yaitu :
  1.          Manajemen Umum
Manajemen umum bertugas mengatur, mengawasi, dan mempertanggung jawabkan keseluruhan satuan kerja atau divisi operasional mencakup kegiatan fungsional satuan kerja.
      2.       Manajemen Fungsional
Manajemen Fungsional bertanggung jawab hanya pada satu bidang manajemen tertentu, seperti pemasaran, personalia, produksi, administrasi, dan keuangan.

b.      Hierarki Manajemen
Berdasarkan hierarkinya, manajemen dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu :
  1.          Manajemen puncak (Top Management) (gambar)
Manajemen puncak terdiri atas para dewan direktur tan eksekutif. Manajemen punjuka bertanggung jawab terhadap keseluruhan aktivitas sebuah organisasi. Tugasnya adalah merencanakan kegiatan dan strategi serta mengarahkan jalannya perusahaan.   

      2.       Manajemen Menengah (Middle Management)
Manajemen menengah terdiri atas beberapa tingkatan dalam sebuah organisasi yang dapat dicapai melalui keterampilan manusiawi. Manajemen menengah berperan sebagai penghubung  antara manajemen puncak dan manajemen bawah. Tugas manajemen menengah adalah menggerakkan dan mengarahkan kegiatan para kepala subdivisi dan karyawan operasional.

      3.      Manajemen Lini Pertama (First-Line Management)
Manajemen lini pertama bertugas memimpin dan mengawasi tenaga operasiona. Manajemen lini pertama bertanggung jawab melaksanakan keputusan dan rencana yang ditetapkan manajemen tingkat menengah mencakup prosedur, teknik, pengetahuan, dan keahlian dibidang khusus

No comments :

Post a Comment