Monday 10 August 2015

Persebaran Flora dan Fauna di Dunia

Persebaran Flora dan Fauna di Dunia, saya kali ini akan membahas tentang Persebaran Flora dan Fauna di Dunia untuk pelajaran Geografi kali ini. Semoga apa yang saya tulis tentang Persebaran Flora dan Fauna di Dunia bisa membantu & menambah informasi para pembaca

Persebaran Flora dan Fauna di Dunia

Adanya faktor penyebab persebaran, saranan persebaran, dan hambatan persebaran mengakibatkan persebaran flora dan fauna didunia tidak merata. Flora dan fauna akan bertahan hidup ditempa yang sesuai dengan kemampuannya untuk melakukan adaptasi.

  • Persebaran Flora di Dunia

Persebaran flora didunia salah satunya dapat dikaji menggunakan sistem biom. Sistem biom menekankan pada dinamika komunitas yang berhubungan dengan sejarah evolusi geologi, iklim, dan faktor lingkungan lain. Biom di permukaan Bumi dibedakan sebagai berikut

1. Biom Hutan Hujan

Hutan hujan adalah hutan yang selalu hijau sepanjang waktu. Pohon-pohon di hutan hujan ada berbagai macam, dari pohon besar hingga epifit dan liana. Ciri-ciri iklim di hutan hujan adalah curah hujan, suhu udara, dan kelembapan udara yang tinggi. Hutan hujan tropis terdapat di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Hutan hujan iklim sedang terdapat di Alaska, Kanada, Asia bagian Utara, dan Eropa.

2. Biom Hutan Musim

Hutan musim terdapat di wilayah iklim sedang yang memilika empat musim. Hutan musim juga sering disebut sebagai hutan peluruh, artinya karena pada musim gugur daunnya luruh berguguran. Jenis vegetasi yang tumbuh adalahquercus (oak), acer (maple), dan castanea. Hutan musim terdapat di Eropa Barat, Eropa Tengah, Asia Timur (Korea dan Jepang), dan timur laut Amerika.

3. Biom Padang Rumput

Padang rumput adalah tempat yang didominasi oleh rerumputan, semak belukar, dan beberapa jenis pohon lainnya. Padang rumput didaerah iklim tropis disebut sabana dan padang rumput di daerah iklim sedang disebut stepa. Sabana tersebar di Afrika, sebagian Australia, Amerika Selatan, sebagian India, dan sebagian kecil Indonesia. Sedangkan Stepa tersebar di Amerika Serikat, Afrika bagian utara yang berbatasa dengan gurun, dan sebagian Australia.

4. Biom Gurun

Gurun memiliki curah hujan yang sangat sedikit sehingga daerahnya gersang. Flora yang hidup digurun adalah jenis flora yang bisa tahan terhadap kekeringan. Contoh flora yang dapat hidup di gurun adalah kurma, alang-alang, dan bnga dandelion. Gurun terluas di dunia terletak di Benua Afrika, yaitu Gurun Sahara. Kawasan gurun di Asia dan Afrika Utara ditumbuhi kurma. Gurun di Australia ditumbuhi pohon boojum. Gurun di Amerrika ditumbuhi bunga dandelion dan verbena.

5. Biom Taiga

Biom taiga terdapat di belahan Bumi utara seperti Rusia bagian utra, Siberia, dan Kanada. Jenis flora yang terdapat di biom taiga adalah tumbuhan berdaun jarum karena terpengaruh iklim dingin. Tumbuhan utama yang terdapat di biom taiga adalah spruce, alder, birch, dan juniper.

6. Biom Tundra

Biom tundra terdapat di kutub. Tumbuhannya didominasi oleh rumput dan lumut. Biom bisa ditemukan di sekitar lingkaran Arktik dan Antartika, Amerika bagian utara, Eropa bagian utara.

7. Biom Samudra

Samudra merupakan biom terluas didunia karena 70% bumi diliputi oleh lautan. Di perairan samudra yang dangkal dan hangat terbentuk trumbu karang. The Great Barrier Reef merupakan terumbu karang besar yang terbentuk di bagian timur Benua Australia.

  • Persebaran Fauna di Dunia

Menurut Alfred Russel Wallace, ahli antropologi dari Britania Raya, persebaran fauna di dunia dikelompokkan menjadi enam kawasan sebagai berikut.

1. Kawasan Fauna Nearktik

Kawasan Nearktiik meliputi Greenland dan Amerika bagian utara. Jenis fauna di kawasan ini dipengaruhi oleh jenis vegetasi dan kondisi alam. Kawasan ini dihuni oleh fauna sepertiantelop,bison, karibu, mockingbird, dan muskox.

2. Kawasan Fauna Neeotropik

Kawasan Neotropik terdapat dikawasan Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan  sebagian besar Meksiko. Kondisi wilayah Neotropik sebagian besar beriklim tropis, kecuali di Amerika Utara lebih dipengaruhi oleh iklim sedang. Jenis-jenis fauna khas yang terdapat di kawasan in antara lain kukang, armadillo, alpaka, kelelawar penghisap darah, orang utan, siamang, tenggiling, menjangan, kuda, kera, dan tapir (berbeda dengan tapir asia terutama pada bagian punggungnya.

3. Kawasan Fauna Ethiopian

Kawasan Ethiopian meliputi Afrika bagan selatan, Pegunungan Atlas, Gurun Sahara, dan sudut selatan Arabia. Fauna khas di kawasan ini di antaranya kuda nil, zebra, singa, badak, jerapah, dan berbagai jenis burung.

4. Kawasan Fauna Palearktik

Kawasan Palearktik terdapat di Eropa, Afrika paling utara, sebelah utara Pegunugan Himalaya (Asia), Pegunugan Nan King, wilayah bekas Uni Soviet, dan Laut Mediterania. Keadaan lingkungan di wilayah ini cukup bervariasi, yaitu memiliki perbedaan  suhu yang tinggi dan curah yang berbeda-beda. Fauna khas di kawasan ini adalah panda, moles, kijang, sapi, kambing, robin, dan magpies.

5. Kawasan Fauna Oriental

Kawasan Oriental meliputi India, Sri Lanka, Indo-Cina, Cina bagian selatan, Indonesia bagian barat, dan Malaysia. Sebagian besar kawasan Oriental beriklim tropis sehingga terdapat hutan tropis yang kaya flora dan fauna. Fauna dikawasan ini di antaranya harimau, gajah, gibbon, orang utan, bekatan, monyet, badak bercula satu, menjangan, entelop, tapir, komodo, dan babi rusa.

6. Kawasan Fauna Australian

Kawasan Australian terdapat di wilayah Australia, Selandia Baru, Papua, dan babarapa pulau kecil di bagian timur Indonesia. Kawasan ini terdiri atas zona iklim sedang, iklim tropis, iklim gurun. Fauna khas yang terdapat di wilayah ini adalah kanguru, mamalia bertelur, walabi, kiwi, koala, nokdiak, kakaktua, burung cendrawasih, dan burung emu.

Semoga apa yang saya tulis tentang Persebaran Flora dan Fauna di Dunia bisa berguna dan bermanfaat serta bisa menambah informasi, jangan lupa tinggalkan komentar setelah membaca

No comments :

Post a Comment