Sunday 9 August 2015

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Mungkin banyak yang bingung untuk membuat surat lamaran pekerjaan, apa saja yang harus ditulis? Kebanyakan itulah masalahnya. Nah, kali ini saya ingin membagikan cara menulis surat lamaran pekerjaan dan contoh menulis surat lamaran pekerjaan. Semoga bermanfaat.

Surat lamaran pekerjaan merupakan jenis surat pribadi resmi yang berisi permohonan pekerjaan pada kantor, perusahaan, atau instansi tertentu. Informasi mengenai lowongan pekerjaan dapat diperoleh melalui beberapa saluran, seperti media cetak, media audio (radio), dan media visual (televisi). Dalam surat lamaran pekerjaan umumnya dicantumkan dari mana si pelamar pekerjaan mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut. Namun, ada pula pelamar yang tidak mencantumkan sumber informasi mengnai lowongan pekerjaan yang diperolehnya.


Surat lamaran pekerjaan memiliki bagian-bagian atau unsur-unsur penting sebagai berikut.
  1.        Kota dan tanggal pembuatan surat
  2.        Hal dan lampiran (boleh ada boleh tidak)
  3.        Nama dan alamat tujuan
  4.        Salam pembuka atau pembuka surat
  5.        Isi surat
  6.        Kualifikasi atau identitas singkat pelamar pekerjaan
  7.        Hal penunjang yang dilampirkan
  8.        Penutup surat
  9.        Salam penutup, tanda tangan, dan nama keterangan


CONTOH SURAT LAMARAN PEKERJAAN



------------------------------------------------------------------------------------------
Contoh surat lamaran pekerjaan 1 :
------------------------------------------------------------------------------------------


Lampung Tengah, 9 Agustus 2015
Hal                       : Lamaran Pekerjaan
Lampiran              : 5 Lembar (Lima Lembar)

Yth. Kepala SMA 01 Seputih Raman
      Jalan Merdeka No 17
      Lampung Tengah

Dengan hormat,
                Berdasarkan iklan pada harian Lampung Post tanggal 22 April 2015, menyebutkan bahwa SMA Seputih Raman membutuhkan guru bahasa Indonesia. Saya tertarik untuk mengisi lowongan pekerjaan sebagai guru bahasa Indonesia di SMA 01 Seputih raman.
                Menurut syarat-syarat yang ditentukan dalam iklan tersebut, saya memenuhi syarat untuk mengisi lowongan pekerjaan sebagai guru bahasa indonesia.  Maka dengan ini, saya mengajukan surat lamaran ini.
Berikut kualifikasi pribadi saya.
Nama                               : Rian Meigiana, S.pd
Tempat, tanggal lahir       : Seputih Raman, 30 Mei 1997
Jenis kelamin                   : Laki-laki
Alamat                             : Jalan Anggrek No 03, Rukti Endah
Pendidikan terakhir          : S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Pendidikan, Universitas Lampung
                Untuk memenuhi persyaratan dan memperkuat surat lamaran ini, sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan:
1.       legalisasi ijazah S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Pendidikan, Universitas Lampung;
2.       legalisasi transkrip nilai;
3.       fotokopi KTP;
4.       foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak dua lembar
      Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd

Rian Meigiana

------------------------------------------------------------------------------------------
Contoh surat lamaran pekerjaan 2 :
------------------------------------------------------------------------------------------




Surabaya, 17 September 2015
Yth. Pimpinan Direktur
       PT Angin Ribut
       Jalan Imam Bonjol No 12
       Surabaya

Dengan hormat,
                Setelah melihat iklan kebutuhan tenaga kerja dari siaran iklan lowongan pekerjaan sebagai tenaga administrasi dari PT Angin Ribut di siaran televisi TVRI, pada tanggal 10 September 2015, saya tertarik untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Saya bernama Intan Astuti. Usia saya saat ini adalah 24 tahun. Saya lulusan S1 Akuntansi, Fakultas.........., Univesitas Indonesia tahun 2012. Saya sangat teliti, tidak memiliki kelainan pada mata, jujur, sopan, dan bisa bekerja sama.
                Sebagai pertimbangan, bersama surat lamaran ini saya lampirkan salinan ijazah s1 yyang telah dilegalisasi, salinan legalisasi transkrip nilai, fotokopi KTP, pasfoto ukuran 4 x 6 sebanyak dua lembar.
                Demikian permohonan saya.  Atas perhatian bapak, saya mengucapkan terima kasih

Hormat saya,

Ttd

Intan Astuti

------------------------------------------------------------------------------------------

Demikiian yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat kedepannya. Jangan lupa berikan komentar pada postingan ini ^_^

1 comment :