Monday 17 August 2015

Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat di Indonesia


Nusantara yang kaya akan rempah-rempahnya ini menjadi daya tarik bagi bangsa Barat untuk datang di Indonesia. Kali ini saya akan memberikan informasi tentang kedatangan bangsa-bangsa Barat di Indonesia. Pelajaran sejarah tentang kedatangan bangsa-bangsa Barat di Indonesia dijelaskan dalam uraian berikut.

  • Kedatangan Portugis dan Spanyol
Portugis adalah bangsa Eropa pertama yang menduduki Kepulauan Indonesia. Sebelumnya, penjelajah samudera dari Portugis telah berhasil menemukan Afrika (dipimpin Bartholomeus Diaz) dan India (dipimpin Vasco da Gama). Di bawah pimpinan Alfonso d’Albuquerque, Portugis berhasil menguasai Malaka pada tahun 1511. Selanjutnya, pada tahun 1512 Portugis sudah berhasil menguasai Ternate.
Pada tahun 1524 Spanyol tiba di Maluku melalui Tidore. Portugis mulai terlibat konflik dengan Spanyol. Portugis dan Spanyol memang sama-sama ingin menguasai dunia. mereka sudah dua kali membuat kesepakatan, yang pertama pada tahun 1494 dengan perjanjian Thordesillas dan yang kedua pada tahun 1526 dengan perjanjian Saragosa dalam penguasaan Spanyol. Dengan adanya kesepakatan tersebut, Spanyol tidak berhak menguasai Tidore dan harus segera kembali ke Filipina. Selanjutnya, Portugis lleluasa menguasai Maluku yang kaya rempah-rempah.
  • Kedatangan Belanda dan Inggris
Belanda mulai mendarat di Kepulauan Indonesia melalui Banten pada Tahun 1596dan tiba di Kepulauan Maluku pada bulan Maret 1599. Inggris tiba di Banten pada bulan Juni 1602. Nusantara menjadi ramai akibat kehadiran berbagai bangsa tersebut. Banyak perusahaan dagang Eropa yang berusaha mendapatkan rempah-rempah dari Kepulauan Indonesia. Banyaknya pedagang Eropa, mendorong mereka membentuk perusahaan patungan. Misalnya, para pedagang Inggris membentuk East India Company (EIC) pada tahun 1600. Para pedagang Belanda membentuk Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) yang oleh masyarakat disebut kompeni pada bulan Maret 1602.


Itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisabermanfaat kedepannya. Dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda dibawah ini ^_^

1 comment :

  1. Karna Di ERTIGAPOKER Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 100.000
    Bonus Deposit 5% (klaim 1 kali / hari)
    Bonus Referral 15% (berlaku untuk selamanya
    Bonus Deposit Go-Pay 10% tanpa batas
    Bonus Deposit Pulsa 10.000 minimal deposit 200.000
    Rollingan Mingguan 0.5% (setiap hari Kamis

    ERTIGA POKER
    ERTIGA
    POKER ONLINE INDONESIA
    POKER ONLINE TERPERCAYA
    BANDAR POKER
    BANDAR POKER ONLINE
    BANDAR POKER TERBESAR
    SITUS POKER ONLINE
    POKER ONLINE


    ceritahiburandewasa

    MULUSNYA BODY ATASANKU TANTE SISKA
    KENIKMATAN BERCINTA DENGAN ISTRI TETANGGA
    CERITA SEX TERBARU JANDA MASIH HOT

    ReplyDelete