Tuesday 11 August 2015

Pasar : Pengertian dan Fungsi Pasar

 
Kali ini saya ingin membahas tentang Pengertian dan Fungsi Pasar. Pasar adalah tempat beragam kebutuhan yang bisa dipenuhi. Berikut uraian tentan Pengertian dan Fungsi Pasar berikut ini.


1. Pengertian Pasar

Pasar dapat diartikan suatu tempat yang pada hari tertentu penjual dan pembeli dapat bertemu ubtuk melakukan jual beli barang. Menurut konsep ekonomi, pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan transaksi jual beli.
Syarat-syarat terbentuknya pasar antara lain :
  • Terdapat penjual dan pembeli;
  • Terdapat barang dan jasa yang diperdagangkan; serta
  • Interaksi antara penjual dan pembeli untuk menetapkan harga dan jumlah kesepakatan.

2. Fungsi Pasar


Pasar mempunyai tiga fungsi utama sebagai berikut.
  • Fungsi Distribusi, fungsi utama pasar adalah mempelancar proses distribursi. Pasar berfungsi mempersingkat jarak produsen dengan konsumen. Jika kita membutuhkan  ikan, kita cukup pergi kewarung terdekat  atau ke pasar. Tidak perlu mendatangi tempat produksinya yang mungkin berada di daerah lain. Demikian pula bagi produsen, untuk pemasaran produknya ia tak perlu mendatangi konsumen dari rumah ke rumah.
  • Fungsi Pembentukan  Harga, pasar mempunyai fungsi sebagai pembentukan harga. Harga terbentuk dari interaksi antara permintaan dan penawaran. Ketika jumlah yang diminta naik sementarajumllah tawar tetap, harga akan naik. Sebaliknya, ketika jumlah yang diminta turun sementara jumlah yang ditawarkan tetap, harga akan turun.
  • Fungsi Promosi, pasar digunakan oleh produsen untuk memperkenalkan barang produksinya. Hal ini karena setiap hari, pasar didatangi banyak calon pembeli. Produsen dapat membuat pamflet, brosur, atau contoh produk untuk dibagikan dengan menyelenggarakan pemeran atau bursa.

Hanya itu saja yang bisa saya sampaikan. Walau singkat, semoga bisa bermanfaat kedepannya. Jangan lupa tinggalkan komentarnya dibawah. ^_^

No comments :

Post a Comment