Saturday 15 August 2015

Bidang-Bidang Akuntansi

 
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang bidang-bidang akuntansi. Dalam pelajaran ekonomi, pembahasan tentang akutansi sangatlah umum dibahas, jadi kali ini saya akan memberikan informasi tentang bidang-bidang akuntansi dalam uraian sebagai berikut.

  • Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
Akuntansi keuangan berhubungan dengan proses pencatatan transaksi hingga penyajian laporan keuangan secara periodik. Laporan keuangan bermanfaat bagi pemakai ekstern maupun intern. Laporan yang dihasilkan meliputi neraca, laporan laba/rugi, dan laporan peubahan modal.
  • Akuntansi Pemeriksa (Auditing Accounting)
Akuntansi pemeriksa melakukan kegiatan utama, yaitu membahas prinsip, prosedur metode, dan teknik pemeriksaan untuk menentukan kewajaran suatu laporan keuangan. Tujuannya untuk meyakinkan bahwa laporan keuangan yang disusun mencerminkan data yang layak, tepat waktu, relevan, dan dapat dipercaya.
  • Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
Akuntansi biaya berhubungan dengan perencanaan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi. Akuntansi biaya digunakan perusahaan manufaktur sebagai alat pengendalian atas kegiatan yang telah dilakukan dan membuat rencana pada masa datang.
  • Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
Akuntansi manajemen mengkhususkan pada pengembangan dan penafsiran informasi akutansi dalam kegiatan operasional sehari-hari dan perencanaan kegiatan operasional pada masa datang.
  • Akuntansi Pendidikan (Education Accounting)
Akuntansi pendidikan berhubungan dengan kegiatan pengembangan dan persebaran pendidikan akutansi. Bidang akuntansi ini mengkhususkan pada kegiatan persebaran pendidikan akuntansi kepada masyarakat agar ilmu akuntansi akan semakin berkembangan. Perkembangan ilmu akuntansi akan memberikan manfaat besar bagi dunia usaha.
  • Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)
Akuntansi perpajakan mengkhususkan pada masalah pajak. Bidang akuntansi ini meliputi persiapan untuk pelaporan, pembayaran pajak, ataupun pengembalian pajak.
  • Akuntasi Pemerintah (Government Accounting)
Akuntansi pemerintah berhubungan dengan penyajian informasi akuntansi yang dilakukan oleh pemerintah. Tugas dari bidang akuntansi ini adalah melaporkan dan menjelaskan data akuntansi terkait pengelolaan dan pengalokasi keuangan negara.
  • Akuntansi Anggaran (Budgeting Accounting)
Akuntansi anggaran berhubungan penyusunan rencana pengeluaran perusahaan dan menyampaikan data perbandingan kegiatan operasional sebenarnya dengan rencana kkegiatan operasional yang ditetapkan. Suatu perusahaan dapat merencanakan, menganalisis, dan mengontrol keuangan antarperiode yang bermanfaat untuk masa datang.
  • Sistem Akuntansi (Accounting System)
Sistem akuntansi mengkhususkan dalam perencanaan dan pelaksanaan prosedur pengumpulan serta pelaporan keuangan. Bidang akuntansi ini berkaitan dengan prosedur akuntansi, peralatan perencanaan, proses pencattan, dan aspek-aspek lain yang dapat digunakan untuk menyusun suatu sistem pengolahan data akuntansi yang efisien dan cermat.


Itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan bisa berguna dan bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini ^_^

1 comment :

  1. Karna Di ERTIGAPOKER Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 100.000
    Bonus Deposit 5% (klaim 1 kali / hari)
    Bonus Referral 15% (berlaku untuk selamanya
    Bonus Deposit Go-Pay 10% tanpa batas
    Bonus Deposit Pulsa 10.000 minimal deposit 200.000
    Rollingan Mingguan 0.5% (setiap hari Kamis

    ERTIGA POKER
    ERTIGA
    POKER ONLINE INDONESIA
    POKER ONLINE TERPERCAYA
    BANDAR POKER
    BANDAR POKER ONLINE
    BANDAR POKER TERBESAR
    SITUS POKER ONLINE
    POKER ONLINE


    ceritahiburandewasa

    MULUSNYA BODY ATASANKU TANTE SISKA
    KENIKMATAN BERCINTA DENGAN ISTRI TETANGGA
    CERITA SEX TERBARU JANDA MASIH HOT

    ReplyDelete