Wednesday 12 August 2015

Apa Yang Di Maksud Dengan Koperasi?



Kembali, saat ini saya akan membahas tentang Koperasi, apa itu koperasi? Pengertian koperasi, asas koperasi dan yang lainnya akan dibahas dalam uraian berikut.



  • Pengertian Koperasi

Koperasi berasal dari kata co-operation. Co berarti bersama dan operation berarti bekerja atau bertindak. Secara harfiah, koperasi berarti bekerja sama. Menurut tokoh koperasi Indonesia, Drs. Mohammad Hatta, koperasi adalah usaha bersama yang kegiatan usahanya di bidang ekonomi, beranggotakan masyarakat golongan ekonomi lemah dan cara bergabungnya secara sukarela denggan tujuan memenuhi kebutuhan anggota.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahuun 1992 tentang Perkoperasian, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus gerakan ekonomi rakyat berdasar atas asas kekeluargaan.
Ciri-ciri koperasi antara lain : kumpulan orang bukan modal, anggota koperasi dapat bertindak sebagai pengurus sekaligus pengguna jasa koperasi, keanggotaan bersifat terbuka dan sukarela, serta bertujuan memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat.


  • Asas Koperasi Indonesia

Kegiatan usaha koperasi dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan. Artinya, badan usaha ini dikelola anggota secara bersama-sama sebagaimanadalam sebuah keluarga.


  • Landasaan Koperasi Indonesia


i) Landasan idiil koperasi adalah pancasila. Pancasila digunakan sebagai dasar atau landasan dalam usaha untuk mencapai cita-cita koperasi.

ii) UUD 1945 merupakan landasan konstitusional atau landasan struktural koperasi.UUD 1945 pasal 33 ayat (1) menyebutkan bahwa perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersamma atas asas kekeluargaan

iii) Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perekonomian  dijadikan sebagai landasan operasi koperasi. Koperasi juga mempunyai anggaran dasat (AD) dan anggaran rumah tangga (ART) sebagai pedoman melaksanakan kegiatan sehari-hari.

  • Prinsip Koperasi

Prinsip koperasi antara lain keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka, pengelolaan dilakukan secara demokratis, pembagian sisa hasil usaha (SHU) dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha tiap-tiap anggota, pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal, serta kemandirian.


  • Jenis-Jenis Usaha Koperasi Indonesia

Jenis-jenis koperasi Indonesia dapat dikelompokan sebagai berikut.

i) Menurut jenis usahanya, koperasi terdiri atas koperasi konsumsi, produksi, kredit, jasa, dan serbausaha.

ii) Menurut tingkatannya, koperasi terdiri atas koperasi primer, pusat, gabungan, dan induk.

iii) Menurut golongan anggotanya, koperasi terdiri atas koperasi pemuda, pegawai, dan sekolah.


  • Sumber Modal Koperasi

Modal koperasi terdiri atas modal sendiri dan modal pinjaman. Modal sendiri berasal dari simpanan pokok, simpanan wajib, dana cadangan, serta hibah. Sedangkan modal pinjaman berasal dari anggota dan calon anggota, koperasi lainnya dan/atau anggotanya, bank dan lembaga keuangan lainnya, penerbitan obligasi dan surat utang lainnya, serta sumber-sumber lain yang sah.


  • Keanggotaan Koperasi

Anggota merupakan pengurus sekaligus pengguna jasa koperasi. Menurut undang-undang tentang perkoperasian, setiap warga negara Indonesia  berhak menjadi anggota koperasi. Keanggota koperasi tidak bisa dipindahtangankan kepada orang lain.


  • Rapat Modal Koperasi

Rapat anggota merupakan kekuasaan tertinggi dalam  tata kehidupan koperasi. Rapat anggota menjadi wadah untuk menampung aspirasi anggota. Rapat anggota diadakan paling sedikit satu kali dalam satu tahun.


  • Pengurus Koperasi

Pengurus koperasi dipiliih dan diangkat oleh rapat anggota dari kallangan anggota sendiri. Akan tetapi, pengurus dapat dipilih dari kalangan bukan anggota. Tugas pengurus anggota antara lain mengelola usaha koperasi, mengajukan rancangan rencana kerja serta rancangan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi, menyelenggarakan rapat anggota, mengajukan laporan dan pertanggungjawabkan pelaksanaan tugas, menyelengarakan pembukuan dan inventarisasi  secara tertib, serta memeliihara daftar buku anggota dan pengurus.


  • Pengawas Koperasi

Pemeriksaan koperasi diserahkan kepada pengawas yang dipilih anggota. Pengawas koperasi bertugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan pengelolaan koperasi serta membuat laporan tertulis tentang hasil pengawasannya.



Itu saja yang saya bisa sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan bisa berguna dan bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini.

2 comments :

  1. Karna Di ERTIGAPOKER Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 100.000
    Bonus Deposit 5% (klaim 1 kali / hari)
    Bonus Referral 15% (berlaku untuk selamanya
    Bonus Deposit Go-Pay 10% tanpa batas
    Bonus Deposit Pulsa 10.000 minimal deposit 200.000
    Rollingan Mingguan 0.5% (setiap hari Kamis

    ERTIGA POKER
    ERTIGA
    POKER ONLINE INDONESIA
    POKER ONLINE TERPERCAYA
    BANDAR POKER
    BANDAR POKER ONLINE
    BANDAR POKER TERBESAR
    SITUS POKER ONLINE
    POKER ONLINE


    ceritahiburandewasa

    MULUSNYA BODY ATASANKU TANTE SISKA
    KENIKMATAN BERCINTA DENGAN ISTRI TETANGGA
    CERITA SEX TERBARU JANDA MASIH HOT

    ReplyDelete
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete