Thursday 13 August 2015

Teori-Teori Kedatangan Islam di Nusantara


Kedatangan Islam di Nusantara tidak berlangsung secara revolusioner, cepat, dan tunggal, tetapi melalui proses evolusi, bertahap, dan beragam sehingga menghasilkan keanekaragaman kebudayaan. Kali ini saya akan membahas tentang Teori-Teori Kedatangan Islam di Nusantara. Dalam pelajaran Sejarah,, pembahasah mengenai Teori-Teori Kedatangan Islam di Nusantara sangat sering di bicarakan, berikut uraian tentang Teori-Teori Kedatangan Islam di Nusantara sebagai berikut.


Teori-Teori Kedatangan Islam di Nusantara
Beberapa teori yang mencoba menganalisis kedatangan Islam di wilayah Nusantara, berkaitan dengan daerah asal Islam di Nusantara dan waktu kedatangannya. Dan Teori-Teori Kedatangan Islam di Nusantara berikut diantaranya adalah :
  • Teori Gujarat
Menurut teori Gujarat, islam mulai masuk di Nusantara pada abad XIII dibawa oleh para pedagang Gujarat. Wilayah Gujarat terletak di India bagian barat, berdekatan dengan Laut Arab. Teori yang menyosialisasikan teori ini sebagian besar merupakan sarjana Belanda, seperti J. Pijnapel, Snouck Hurgronje, dan W.F. Stutterhiem. Menurut J. Pijjnapel, orang-orang arab bermazhab Syafi’i telah bermukim di Gujarat dan Malabar sejak abad VII Masehi. Akan tetapi, penyebaran Islam di Nusantara bukan orang Arab langsung, melainkan padagang Gujarat yang telah memeluk agama Islam. Kemudian Snouck Hurgronje menambahkan bahwa Islam telah lebih dahulu berkembang di kota-kota pelabuhan anak Benua India. Orang-orang Gujarat telah lebih awal membuka hubungan dagang dengan Nusantara dibandingkan pedagang Arab. Teori ini didukung oleh argumen W.F. Stutterhiem yang menyebut Gujarat sebagai negeri asal Islam di Nusantara. Menurut W.W. Stutterhiem, Islam disebarkan melalui jalur perdagangan laut antara Nusantara-Gujarat-Timur Tengah-Eropa. Argumentasi ini didasarkan pada pengamatan terhadap nisan makam Islam di Nusantara dengan nisan makam di Gujarat. Relief nisan sultan pertama kerajaan Samudera Pasai, Sultan Malik as-Saleh (1297 H) dan makam Maulana Malik Ibrahim yang wafat pada tahun 1419 di Gresik, Jawa Timur, memiliki kesamaan dengan nisan di Gujarat
  • Teori Mekkah
Menurut teori Mekkah, Islam di Nusantara berasal dari Mekkah atau Arab. Proses islamisasi berlangsung pada abad pertama Hijriah atau abad VII Masesi. Tokoh yang memperkanalkan teori ini adalah T.W. Arnold dan Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka). Menurut Hamka, motivasi awal kedatangan orang-orang Arab di Nusantara tidak dilandasi nilai-nilai ekonomi, tetapi didorong motivasi spirit penyebaran agama Islam melalui dakwah. Sementara itu menurut T.W. Arnold menjelaskan bahwa pada abad VII Masehi di pesisir pantai barat sumatra telah ada komunitas muslim yang terdiri atas pedagang Arab. Beberapa orang di antaranya juga melakukan pernikahan dengan perempuan-perempuan lokal. Pendapat ini berdasarkan pada berita Cina yang menyebutkan bahwa pada abad VII Masehi terdapat sekelompok orang yang disebut Ta-shih bermukim di Sumatra Selatan dan Fo-lo-an (Sriwijaya) serta adanya utusan raja arab. Menurut Hamka, Raja Ta-shih yang dimaksud adalah Muawiyah bin Abu Sufyan yang saat itu menjabat sebagai Khalifah Daulah Bani Umayyah.
  • Teori Persia
Menurut teori Persia, proses kedatangan Islam di Nusantara berasal dari daerah Persia (Iran). Pencetus teori ini adalah Hoesein Djajadiningrat, sejawaran asal Banten. Argumentasi Hoesein didasarkan pada kesamaan budaya dan tradisi yang berkembang antara masyarakat Persia dan Nusantara. Berikut ini contah persamaan tradisi di Persia dan Nusantara.

  1. Peringatan hari Asyuro yaitu, hari ke-10 pada bulan Muharam dalam kalender Islam. Hari Asyuro diperingati oleh kalangan Syi’ah sebagai hari berkabung atas kesyahidan Husein bin Ali, cucu Nabi Muhammad, pada pertempuran Karbala tahun 61 H (680). Di Indonesia hari Asyuro diperingati dalam upacara Tabot. Tabot merupakan upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang kisah kepahlawanan Husein bin Ali. Di Pariaman, Sumatra Barat upacara tradisional ini dikenal dengan istilah Tabut.
  2. Kesamaan ajaran Wihdatul Wujud dari Syekh Siti Jenar di Jawa Tengah dan ajaran sufi Al-Hallaj dari Persia.
  3. Kesamaan seni kaligrafi yang terpahat pada batu-batu nisan makam islam di Nusantara dan makam-makam yang ada di Persia.
  4. Kesamaan penggunaan gelar Syah bagi raja-raja Islam di Nusantara yang digunakan pula di Persia.


Hanya ini yang bisa saya sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan bisa berguna kedepannya. Dan juga jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini ya! ^_^

1 comment :

  1. Karna Di ERTIGAPOKER Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 100.000
    Bonus Deposit 5% (klaim 1 kali / hari)
    Bonus Referral 15% (berlaku untuk selamanya
    Bonus Deposit Go-Pay 10% tanpa batas
    Bonus Deposit Pulsa 10.000 minimal deposit 200.000
    Rollingan Mingguan 0.5% (setiap hari Kamis

    ERTIGA POKER
    ERTIGA
    POKER ONLINE INDONESIA
    POKER ONLINE TERPERCAYA
    BANDAR POKER
    BANDAR POKER ONLINE
    BANDAR POKER TERBESAR
    SITUS POKER ONLINE
    POKER ONLINE


    ceritahiburandewasa

    MULUSNYA BODY ATASANKU TANTE SISKA
    KENIKMATAN BERCINTA DENGAN ISTRI TETANGGA
    CERITA SEX TERBARU JANDA MASIH HOT

    ReplyDelete