Friday 22 July 2016

Penjelasan Tentang Ekonomi Mikro

Oke balik lagi sama saya, kali ini saya akan membahas mengenai ekonomi mikro. berikut penjelasannya



  • Ekonomi Mikro
Dalam kegiatan ekonomi manusia terdapat beberapa permasalahan yang tergolong dalam lingkup yang lebih kecil, yaitu ekonomi mikro. Ekonomi mikro mempelajari bagian kecil dari kegiatan perekonomian.


  • Konsep Ekonomi Mikro
Secara umum, ekonomi mikro membahas perilaku ekonomi dalam lingkup individu, rumah tangga, perusahaan, dan pasar. Pembahasannya meliputi pemanfaatan sumber daya ekonomi bagi kehidupan masyarakat serta perilaku produsen dan konsumen dalam melakukan interaksi di pasar. Cakupan pembahasan ekonomi mikro terbatas pada kegiatan ekonomi yang lebih sempit dan khusus.


  • Komponen Ekonomi Mikro

1) Interaksi di Pasar Barang
Kegiatan tawar-menawar barang dilakukan antara penjual dan pembeli atau produsen dan konsumen di pasar. Kegiatan ini dilakukan untuk membentuk harga sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Pembentukan harga terjadi melalui proses interaksi permintaan dan penawaran antara penjual dan pembeli. Kesepakatan hargga akan menghasilkan harga keseimbangan. Dengan mempelajari ekonomi mikro dapat diketahui permasalahan yang terjadi dalam interaksi di pasar, misalnya kenaikan harga kebutuhan pokok.

2) Interaksi di Pasar Faktor Produksi
Pasar faktor produksi menyedikaan faktor-faktor produksi yang dibutuhkan oleh rumah tangga produseb untuk melakukan kegiatan produksi. Faktor produksi meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan kewirausahaan. Faktor-faktor produksi tersebut disediakan oleh rumah tangga konsumen. Atas penyediaan faktor-faktor produksi, rumah tangga konsumen akan memperoleh balas jasa. Pada pasar faktor produksi juga terjadi tawar menawar antara produsen dan konsumen dalam pembentukan harga.

3) Prilaku Produsen dan Konsumen
Kegiatan produsen dan konsumen dalam kegiatan ekonomi didasari oleh tujuan masing-masing. Pada ekonomi mikro akan dibahas mengenai upaya konsumen dalam memenuhi kebutuhannya dengan pendapatan yang terbatas. Sementara itu, pada prilaku produsen dibahas mengenai upaya produsen memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Anggapan-anggapan yang digunakan untuk menganalisis prilaku produsen dan konsumen dalam kegiatan ekonomi sebagai berikut.
a.       Produsen dan konsumen melakukan kegiatan ekonomi secara rasional.
b.      Konsumen berusaha untuk memperoleh kepuasan maksimal dengan dana yang terbatas.

c.       Produsen berusaha untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dengan pengorbanan tertentu.

No comments :

Post a Comment