Monday 25 July 2016

Jalur Masuk dan Perkembangan Agama Hindu-Buddha

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keanekaragaman, ini akibat dari sejarah Indonesia bagaimana budaya-budaya masuk, terutama masuknya dan Perkembangan Agama. Agama yang pertama kali masuk yaitu agama Hindu-Buddha. Berikut penjelasan mengenai Jalur Masuk dan Perkembangan Agama Hindu-Buddha



Jalur Masuk dan Perkembangan Agama Hindu-Buddha
Proses masuk dan perkembangan pengaruh Hindu-Buddha di Nusantara diperkirakan terjadi antara abad II-V (2 sampai 5) Masehi. Pengaruh Hindu-Buddha di Nusantara di bawa oleh pedagang dan pendeta dari India dan Cina. Pengaruh tersebut masuk melalui dua jalur berikut ini.

  • Jalur Darat

Penyebaran pengaruh Hindu-Buddha ke Nusantara melalui jalur darat mengikuti para pedagang melalui Jalur Sutra, dari India ke Tibet terus ke utara sampai Cina, Korea, dan Jepang. Ada juga pedagang yang melakukan perjalanan dari India Utara menuju Bangladesh, Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaya, kemudian berlayar menuju wilayah Nusantara.

  • Jalur Laut

Penyebaran pengaruh Hindu-Buddha ke Nusantara dilakukan dengan mengikuti rombongan kapal dagang yang biasa beraktivitas pada jalur India-Cina. Rute perjalanannya dimulai dari India menuju Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaya, kemudian sampai ke Nusantara. Sementara itu, dari Semenanjung Malaya ada kapal yang terus ke Kamboja, Vietnam, Cina, Korea, dan Jepang. Meskipun demikian, ada kapal yang langsung dari India menuju Nusantara dengan memanfaatkan tiupan angin muson barat.


Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, semoga apa yang saya tulis disini dapat berguna bagi para pengunjung

1 comment :

  1. Ford Fusion Titanium - TITanium Games Wiki
    Ford Fusion Titanium. The game is a hack ford edge titanium 2019 and slash game for the SEGA Mega Drive/Genesis. To hack, black titanium wedding band you have to titanium element make a benjamin moore titanium

    ReplyDelete