Sunday 24 July 2016

Penjelasan Mengenai Pengertian Bangsa

Oke, kembali lagi sama saya, kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dari bangsa. Apa sih sebenarnya bangsa itu? Berikut penjelasan pengertian menurut beberapa para ahli.



Pengertian Bangsa
Sebenarnya telah banyak upaya yang dilakukan oleh para ahli dalam memahami pengertian bangsa. Adapun beberapa ahli yang berpendapat tentang pengrtian bangsa sebagai berikut.

  • Jalobsen dan Lipman

Mereka adalah pakar ilmu kenegaran dari Jerman. Mereka berpendapat bahwa bangsa adalah suatu kesatuan budaya (cultural unity). Artinya, bangsa merupakan sekelompok manusia yang menganut kebudayaan yang sama. Selain itu, bangsa merupakan kelompok manusia yang mendukung suatu organisasi kekuasaan yang disebut negara tanpa menyelidiki asal-usul keturunannya.

  • Ernest Renan

Ia adalah seorang ahli ilmu kenegaraan dari Prancis. Ia berpendapat bahwa bangsa adalah suatu jiwa atau suatu akal yang terjadi dari dua hal, yaitu rakyat yang harus bersama-sama menjalankan suatu riwayat dan rakyat yang kemudian harus mempunyai kemauan atau keinginan hidup untuk menjadi satu.

  • F. Ratzel

Menurut pakar ilmu kenegaraan dari Jerman ini, bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat itu timbul karena adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya (paham geopolitik).

  • Otto Bauer

Ia adalah seorang ilmu kenegaraan dari Jerman. Ia berpendapat bahwa bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai kesamaan karakter. Karakter tumbuh karena adanya kesamaan nasib.


Itulah pengertian bangsa menurut para ahli, semoga bisa membantu para ppengunjung semua. Terima kasih ^_^

No comments :

Post a Comment