Monday 25 July 2016

Alur dan Jenis-Jenis serta Tahapan-Tahapan Alur



Alur dan Jenis-Jenis serta Tahapan-Tahapan Alur

Alur merupakan rangkaian peristiwa yang membentuk sebuah cerita. Peristiwa-peristiwa tersebut saling berhubungan secara runtut sehingga terjalin suatu cerita yang bulat.
Berikut jenis-jenis alur dalam cerpen

  • Alur Maju atau Progresif

Alur maju adalah alur yang menceritakan peristiwa-peristiwa dalam cerita secara kronologis. Cerita diawali dengan tahap pengantar dan diakhiri tahap penyelesaian.
  • Alur Sorot Balik atau Regresif

Alur sorot balik adalah alur yang menceritakan peristiwa-peristiwa dalam cerita secara terbalik. Cerita tidak dimulai dari taham pengantar. Cerita dapat dimulai dengan tahap penampilan masalah, puncak ketegangan, atau penyelesaian. Alur sorot balik disebut juga alur flash back.
  • Alur Gabungan

Alur gabungan merupakan perpaduan dari alur maju dan sorot balik. Tahap alur sebuah cerita dibagi atas beberapa bagian seperti berikut.

  1.  Pengantar atau pengenalan (introduction), berupa lukisan keadaan yang menuntun pembaca untuk engikuti jalan cerita. Pengarang memperkenalkan tokoh dengan lingkungannya. Waktu dan tempat terjadinya cerita dipaparkan pada bagian ini.
  2. Penampilan masalah (complication), pengarang mulai memunculkan masalah atau persoalan yang dihadapi oleh pelaku.
  3. Puncak ketegangan atau pemuncakan masalah (climax), menggambarkan masalah dalam cerita yang sudah sangat mengkhawatirkan dan gawat.
  4. Ketegangan menurun atau penurunan masalah (anti-climax), ketegangan masalah yang dihadapi tokoh telah berangsur-angsur dapat teratasi.
  5. Penyelesaian (conclution), masalah yang dialami tokoh dapat diselesaikan.

No comments :

Post a Comment