Saturday 14 May 2016

Biografi dan Autobiografi : Pengertian serta Cara Membuatnya

BIOGRAFI



Kata Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup, dab graphien yang berarti tulis. Dengan kata lain biografi merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang. Biografi, secara sederhana dapat dikatakan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi dapat berbentuk beberapa baris kalimat saja, namun juga dapat berupa lebih dari satu buku.
Biografi menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya. Biografi biasanya dapat bercerita tentang kehidupan seorang tokoh terkenal atau tidak terkenal, namun demikian, biografi tentang orang biasa akan menceritakan mengenai satu atau lebih tempat atau masa tertentu. Biografi seringkali bercerita mengenai seorang tokoh sejarah, namun tak jarang juga tentang orang yang masih hidup. Banyak biografi ditulis secara kronologis. Beberapa periode waktu tersebut dapat dikelompokkan berdasar tema-tema utama tertentu (misalnya "masa-masa awal yang susah" atau "ambisi dan pencapaian"). Walau begitu, beberapa yang lain berfokus pada topik-topik atau pencapaian tertentu.

Pelaksanaan Penulisan Biografi:
TAHAP I : Diadakan pertemuan dengan klien untuk membicarakan rencana penulisan. Klien akan diberi penjelasan lebih jauh tentang sistem penulisan biografi yang di terapkan serta hal-hal lain yang perlu diketahui klien. Klien kemudian menetapkan bentuk dan jenis biografi yang diinginkan.
TAHAP II : Keinginan klien akan dibawa dalam pertemuan dengan sesama anggota kreatifnet untuk didiskusikan dan direncanakan. Setelah itu hubungi klien untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut. Bila semuanya oke, akan diadakan penandatanganan kontrak penulisan.
TAHAP V: Hasil penyusunan dalam bentuk naskah tertulis akan diserahkan kepada klien untuk dikoreksi. Lama pengoreksian oleh klien maksimal satu minggu. Setelah itu, naskah dikembalikan lagi kepada penulis.
TAHAP VI: Lakukan Perbaikan serta pemrosesan akhir . Bila ada yang kurang jelas, klien akan dihubungi lagi.
TAHAP VII: Tahap penulisan dianggap selesai. Hasil akhir berupa naskah jadi dalam bentuk print-out dan CD diserahkan kepada klien. Untuk memperbanyak dalam bentuk buku atau CD akan diadakan pembicaraan lanjutan antara penulis dan klien.
Saat menulis biografi, seorang penulis berupaya menyajikan perjalanan kehidupan seorang tokoh. Biasanya, ungkapan ekspresi waktu yang bervariasi dapat menjadikan tulisan lebih menarik dan tidak menonton.



AUTOBIOGRAFI       

Autobiografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang ditulis  oleh dirinya sendiri. Sebuah autobiografi  lebih kompleks  daripada sekedardaftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, autobiografi jugabercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut.Jika riwayat hidup itu ditulis sendiri dinamakan autobiografi, sedangkan jika ditulis oleh  orang  lain  dinamakan  biografi.  Autobiografi  tokoh  ini  sangat  penting untukdibaca  karena 
didalamnya  terkandung  nilai-nilai  pendidikan  atau  moral  untuk pembacanya.

Secara umum, autobiografi berisi diantaranya sebagai berikut:
1.         asal-usul tokoh (kelahiran, daerah asal, dan asal keluarga
2.         pendidikan tokoh (formal dan nonformal)
3.         narasi perjalanan kehidupan  seseorang tokoh
4.         upaya keras seorang tokoh dalam mencapai tujuan hidup 
5.         deskripsi kegiatan dan prestasi-prestasi tokoh yang fenomenal dan monumental
6.         ekspresi gagasan, perasaan, dan pandangan hidup tokoh
7.         hal-hal menarik tentang tokoh, dan
8.         hal-hal yang bisa diteladani dari tokoh tersebut.

 Langkah-langkah  mengarang  narasi  ekspositoris  (autobiografi)  diantaranya sebagai berikut:
1.         menceritakan  tokoh  yang  akan  disusun  menjadi  krangan  narasi  ekspositoris(autobiografi);
2.         menentukan tujuan;
3.         mengumpulkan bahan;
4.         menyusun kerangka karangan; dan
5.         mengembangkan kerangka karangan menjadi sebuah karangan narasi ekspositoris;

Berikut langkah-langkah membuat autobiografi:
1.         Buatlah garis besar dari cerita yang ingin anda tulis,
2.         Kemukakanlah pengalaman Anda dalam konteks pelajaran, contohnya : "Setelah menyaksikan bagaimana istriku dapat mengatasi penyakit kanker dan merawat dirinya, aku menyadari bahwa dia telah mengajarkanku bagaimana menghadapi  kematian, dengan roh yang utuh."
3.         Buatlah gambaran saat Anda menulis. Buatlah kata-kata yang Anda tulis menjadi semacam potret,tutuplah mata Anda (jika memang membantu) dan bayangkan sebuah peristiwa masa lalu Anda, benar-benar memberikan imaji mental.
4.         Tulislah seolah-olah hidup Anda bergantung pada tulisan Anda.
5.         Dan ini yang paling penting, duduk dan jawablah pertanyaan-pertanyaan yang saya berikan dibawah sejujur mungkin, ungkapkan sedetil-detilnya, dan isi cerita Anda itu  dengan bahasa dan kata-kata Anda sendiri. Gaya tulisan Anda tidak harus menyamai gaya penulisan Hemingway, dan Anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang ejaan dan tata bahasa yang baik dan benar jika Anda tidak berkeinginan untuk mempublikasikannya secara komersil.

No comments :

Post a Comment