Thursday 19 May 2016

Artikel tentang Blog dan Cara mendapatkan Penghasilan dari Blog






Mendapatkan Penghasilan Melalui Blog
Sebelum mengetahui bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog, sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui tentang seluk-beluk dari blog itu sendiri. Sebenarnya apa itu blog? Blog merupakan bentuk perkembangan dari website pribadi atau homepage. Secara umum, pengertian blog adalah suatu situs yang biasanya dikelola oleh satu orang secara individual, seringkali terfokus pada suatu subjek atau topik tertentu, baik berita, catatan harian, kumpulan link, daftar komentar atau hasil pikiran yang update secara teratur dengan susunan posting terbaru berada paling atas diikuti posting-posting sebelumnya sesuai dengan urutan kronologi waktu, dan  mempunyai frekuensi kunjungan oleh orang lain yang tinggi.
Istilah blog tersebut pertama kali dikemukakan oleh Jorn Barger dalam websitenya—Robot Wisdom—pada bulan Desember 1997 yang digunakan untuk menyebut suatu jenis website pribadi yang selalu diupdate secara berkelanjutan dan berisi link-link ke website lain disertai dengan komentar-komentar. Pada Maret 2003, Kamus Bahasa Inggris Oxford telah memasukkan kata blog tersebut sebagai kosakata baru, dan dikategorikan sebagai kata benda. Begitu pula blogger, yaitu istilah yang digunakan untuk menyebut editor atau orang yang memiliki suatu blog. Sedangkan blogging merupakan kata kerja dari blog yang dimaknai sebagai kegiatan memiliki dan mengelola suatu blog.
Secara umum, blog berisi catatan pribadi pemiliknya tentang topik-topik yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan, kegiatan kesehariannya, apa tanggapannya pada suatu isu maupun hubungannya dengan orang-orang disekitarnya. Selain itu, banyak juga blog yang berisi informasi penting dan bermanfaat, misalnya tip dan trik, artikel-artikel, hasil penelitian, materi kuliah, dll. Karena itu, blog bersifat sangat personal. Blog merupakan salah satu cara mudah untuk bisa mengenal kepribadian individu di dunia maya.
Lalu, bagaimana cara agar kita mendapatkan penghasilan dari blog dengan mudah? Inilah beberapa cara yang bisa dan sudah banyak dilakukan oleh para blogger untuk mendapatkan uang dari blog mereka.
1.    Mulailah membuat blog gratisan.
Jika Anda tertarik bisa memulainya dengan membuat blog gratisan. Kenapa harus blog gratisan? Alasannya agar Anda lebih mudah untuk mendalami dunia blogging tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Blog gratisan juga dapat menghasilkan uang.
2.    Menulis artikel.
Setelah membuat sebuah blog, tulislah beberapa artikel yang anda ketahui. Artikel yang baik adalah artikel yang dapat memberikan manfaat kepada pembacanya.
3.    Jangan menjadi situs blog copy paste.
Sebaiknya jangan pernah anda mengcopy sebuah artikel dari blog lain, karena pihak Goegle akan menghapus blog anda jika Anda menyalin artikel dari blog lain.
4.    Desain blog anda semenarik mungkin.
Selain membuat artikel, desainlah blog anda agar terlihat menarik. Ini akan menjadi daya tarik juga bagi pengunjung situs blog Anda.
5.    Mulailah monetisasi blog Anda.

Ini adalah tahap terpenting agar bisa mendapatkan penghasilan dari blog, yaitu mencari iklan agar bisa ditayangkan di dalam blog Anda. Sistemnya yaitu jika pengunjung mengklik iklan yang tayang dalam blog anda, klik tersebut akan dijadikan uang. Lalu bagaimana cara mendapatkan iklan? Yaitu dengan cara mendaftarkan akun anda di Google Adsense. Pihak Google menyediakan layanan ini untuk para blogger agar mendapatkan penghasilan. Mendaftarkan akun anda ke Google Adsense tidak semudah yang di bayangkan, harus penuh perjuangan. Namun jika kita mengikuti panduan dan kebijakan yang diterapkan oleh pihak Google, apa yang kita butuhkan akan mudah tercapai.

No comments :

Post a Comment