Sunday 6 September 2015

Wilayah Laut Menurut Letak dan Kedalamannya


Walaupun waktu luang saya sedikit, saya usaha kan untuk membuat artikel :D maklum anak kuliahan :’D

Untuk postingan kali ini, saya akan membahas tentang Wilayah Laut Menurut Letak dan Kedalamannya. Semoga postingan ini bermanfaat.

Wilayah Laut Menurut Letak dan Kedalamannya

Berdasarkan letaknya, laut dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
  • Laut tepi, laut yang terletak dilandas benua atau tepi benua dan seolah-olah terlepas dari samudra luas karena terhalang deretan pulau dan semenanjung. Arus pasang samudra memengaruhi arus di laut tepi. Contohnya Laut Jepang, Laut Arab, Laut Utara, dan Laut Cina Selatan (terhalang Kepulauan Indonesia dan Filipina).
  • Laut Pertengahan, laut yang terletak diantara dua benua. Laut ini merupakan laut dalam dan memiliki gugusan pulau. Contohnya Laut Merah, Laut Tengah (terdapat gugusan pulau Yunani), serta laut antara Asia dan Australia (terdapat gugusan Kepulauan Indonesia).
  • Laut pedalaman (continental sea), laut yang hampir seluruh perairannya dikelilingi daratan. Laut ini tidak dipengaruhi arus samudra. Contohnya Laut Kaspia, Laut Hitam, Laut Baltik, dan Laut Mati.

Berdasarkan kedalamannya, laut dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
  • Zona litoral (littoral), daerah antara garis pasang naik dan pasang surut. Dasarnya kering ketika air laut surut,. Ikan tidak mampu hidup di zona ini.
  • Zona neritik (neritic), zona laut dangkal (<200m). Indonesia memiliki zona neritik cukup luas seperti Landas Kontinen Sunda (Laut Jawa, Laut Natula, Riau Kepulauan, dan Selat Malaka) dan Landas Kontinen Sahul (Laut Arafura). Pada zona ini sinar matahari dapat menembus ke dasarnya dan kaya sumber daya laut seperti ikan, terumbu karang, dan rumput laut.
  • Zona batial (bathyal), zona laut dengan kedalaman antara 200 – 2.500 m. Zona ini dasarnya berbatasan dengan landas benua dan lerengnya mulai curam. Sinar matahari tidak mampu menembus kedasarnya. Sumber daya lautnya lebih sedikit dibanding zona laut dangkal.
  • Zona abisal (abyssal), zona laut dengan kedalaman >2.500 m. Tumbuhan tidak mampu hidup karena tidak ada sinar matahari. Jumlah dan jenis hewan pun terbatas. Bentuk kenampakan di dasarnya antara lain lubuk laut dan palung.

Sekian yang bisa saya berikan tentang artikel berjudul Wilayah Laut Menurut Letak dan Kedalamannya, walau sedikit semoga bisa bermanfaat bagi para pengunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini ^_^

2 comments :

  1. Hanya di ICG88.COM dimana kamu bisa mainkan berbagai permainan di HKB Gaming,IDNPLAY, dan Gudang Poker! tentunya dengan inovasi terbaik.gabung dan buktikan sendiri promo dan bonusnya :

    Bonus New Member 20%
    * Min Deposit IDR 50.000,-
    * Max Bonus IDR 300.000,-
    * TurnOver 4X TO Termasuk Modal Dan Bonus
    * Bonus Di Berikan Di Depan
    * Jika Tidak Mencapai Ketentuan Bonus Maka Bonus Akan Di Tarik Melalui Nominal Withdraw

    Bonus Deposit Kedua & Selanjutnya 5%
    * Min Deposit IDR 50.000,-
    * Max Bonus IDR 100.000,-
    * TurnOver 5X TO Termasuk Modal Dan Bonus
    * Bonus Diberikan Di Depan

    Tunggu apa lagi,gabung dan dapatkan bonus serta jackpotnya!

    hubungi kami di :
    BBM : e3a9c049
    LINE: icg88poker
    Whattsapp : 081360618788

    ReplyDelete
  2. Tuliskan ciri bagian laut yang ada pada gambar tersebut?

    ReplyDelete