Sunday 27 September 2015

Penjelasan Tentang Jurnal Umum




Kali ini saya akan membahas tentang penjelasan Jurnal Umum : Pengertian Bentuk :dan proses pencatatannya. Berikut penjelasan tentang Jurnal Umum.

Pengertian Jurnal

Secara etimologi, jurnal berasal dari bahasa Prancis, yaitu “jour” yang artinya hari. oleh orang-orang  bisnis ditulis jurnal yang berarti buku harian. Jurnal adalah alat atau media untuk mencatat transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaansecara kronologis sesuai urutan waktu dengan menunjukkan nama akun dan jumlah uang. Pencatatan jurnal bertujuan untuk mengurangi kesalahan dan menutup kelemahan pencatatan bukti transaksi jika pencatatan transaksi dilakukan secara langsung ke buku besar. Dalam dunia akuntansi, jurnal merupakan catatan buku pertama (Books of Original Entry).
Jurnal memudahkan perusahaan untuk mencatat akun yangterpengruh oleh transaks. Hal ini disebabkan jurnal menganalisis akun yang terjadi dalam suatu perusahaan. Secara umum jurnal memiliki fungsi sebagai berikut.

a.       Fungsi mencatat, artinya jurnal digunakan untuk menentukan akun dan jumlah transaksi untuk dicatat.

b.      Fungsi historis, artinya pencatatan transaksi pada jurnal dilakukan secara kronologis  (dengan mendahulukan transaksi yang lebih dahuli) berdasarkan urutan tanggal transaksi

c.       Fungsi analisis, artinya menentukan nama akun, jumlah uang yang dicatat, dan sisi debit/kreditnya pencatatan sehingga perlu menganalisis bukti transaksi terlebih  untuk dicatat pada jurnal.

d.      Fungsi instruktif, artinya jurnal digunakan sebagai perintah (sesuai dengan yang tercatat pada jurnal) mendebit atau mengkreditkan akun beserta jumlahnya. Jika instruksi jurnal tidak diikuti, pengisian akun akan salah.

e.      Fungsi informatif, artinya jurnal menyajikan tanggal, nama akun, keterangan singkatan mengenai transaksi, dan jumlah uang dalam suatu transaksi.

Bentuk Jurnal Umum

Jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi pada perusahaan jasa adalah jurnal umum. Jurnal umum terdiri atas dua kolom, yaitu kolom debit dan kredit. Keberadaan dua kolom menunjukan jurnal umum telah memenuhi fungsi analisis, yaitu menentukan nama akun, jumlah uang yang dicatat, dan sisi debit/kreditnya pencatatan. Bentuk jurnal umum dua kolom sebagai berikut



Halaman : (1)
Tanggal
(9)
Akun/Keterangan
(3)
Ref
(4)
Debit
(5)
Kredit
(6)









Keterangan :

(1) Halaman pada jurnal di sudut kanan atas sebagai referensi informasi keuangan pada buku besar.

(2) Kolom tanggal terbagi atas dua bagian. Di bagian kiri digunakan untuk mencatat tahun dan bulan yang ditulis pada baris pertama. Bagian kanan untuk mencatat tanggal sesuai urutan terjadinya transaksi.

(3) Kolom akun ditulis sesuai transaksi yang memengaruhinya disertai keterangan singkat tantang transaksi.

(4) Kolom ref (referensi) digunakan untuk mencatat kode akun. Kolom ref ditulis jika akan dipindahkan ke buku besar (posting). Sebelum dilakukan pemindahan kolom ref tetap dalam keadaan kosong.

(5) Kolom debit digunakan untuk mencatat jumlah akun yang didebit.

(6) Kolom kredit digunakan untuk mencatat jumlah akun yang dikredit.

Proses Pencatatan Jurnal Umum

Jurnal umum berfungsi untuk memudahkan penyajian laporan keuangan suatu perushaan jasa selama satu periode tertentu. Prosedur dalam mencatat transaksi dalam jurnal sebagai berikut.

a.       Kolom (2) untuk mencatat tanggal terjadinya transaksi sesuai bukti transaksi. Penulisan tahun dan bulan ditulis ada baris pertama dan cukup ditulis sekali.

b.      Kolom (3) untuk mencatat nama akun sesuai transaksi. Nama akun yang didebit ditulis sebelah kiri dan akun yang kredit ditulis agak menjorok kekanan. Keterangan transaksi ditulis secara singkat.

c.       Kolom (4) untuk mencatat nomer kode akun.

d.      Kolom (5) untuk menulis jumlah akun debit.

e.      Kolom (6) untuk menulis jumlah akun kredit.

Apabila pencatatan jurnal dalam satu halaman telah penuh, kolom debit dan kredit dijumlahkan. Selanjutnya, jumlah kolom debit dan kredit ditulis pada halaman jurnal baru. Pada kolom akun ditulis “jumlah dipindahkan”. Cantumkan tanggal transaksi terakhir dan tulis kode angka 4 pada kolom referensi.

2 comments :

  1. Nice Info Jangan Lupa kunjungi http://contohbimbinganskripsi.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. Hanya di ICG88.COM dimana kamu bisa mainkan berbagai permainan di HKB Gaming,IDNPLAY, dan Gudang Poker! tentunya dengan inovasi terbaik.gabung dan buktikan sendiri promo dan bonusnya :

    Bonus New Member 20%
    * Min Deposit IDR 50.000,-
    * Max Bonus IDR 300.000,-
    * TurnOver 4X TO Termasuk Modal Dan Bonus
    * Bonus Di Berikan Di Depan
    * Jika Tidak Mencapai Ketentuan Bonus Maka Bonus Akan Di Tarik Melalui Nominal Withdraw

    Bonus Deposit Kedua & Selanjutnya 5%
    * Min Deposit IDR 50.000,-
    * Max Bonus IDR 100.000,-
    * TurnOver 5X TO Termasuk Modal Dan Bonus
    * Bonus Diberikan Di Depan

    Tunggu apa lagi,gabung dan dapatkan bonus serta jackpotnya!

    hubungi kami di :
    BBM : e3a9c049
    LINE: icg88poker
    Whattsapp : 081360618788

    ReplyDelete