Thursday 11 August 2016

Wisata Budaya dan Sejarah di Lampung Barat

Kabupaten Lampung Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki Luas area sebesar 4.950 Km persegi yang terdiri dari 14 Kecamatan. 57 % dari luas wilayah Kabupaten Lampung Barat masih berupa Kawasan Hutan Lindung, dan 43 % sisanya merupakan lahan yang dapat dihuni termasuk lahan perkebunan dan pertanian.

Dikelilingi kawasan pegunungan yang dingin dan sejuk, Lampung Barat memberikan keindahan eksotisme alam Lampung bagi siapa saja yang mengunjungi kawasan ini, selain itu pesona pantai yang indah nan alami pun masih dapat kita Jumpai di Kabupaten Lampung Barat, dan Lampung Barat inilah yang dipercaya sebagai salah satu tempat asal usul Lampung maka tak heran jika banyak  yang menyebutnya “The Origin Of Lampung“.



Wisata Budaya Dan Sejarah di Lampung Barat

Sebagai Wisata Budaya Lampung Barat hingga kini masih memegang teguh suatu tradisi upacara adat yang digelar saat menyambut kedatangan Tamu Agung, Resepsi pernikahan dan pengangkatan raja seperti Nyambai Agung dan Alam Gemisikh. Sedangkan untuk wisata sejarah, Lampung Barat pun memiliki beberapa tempat bersejarah yang tentunya sangat sayang untuk di lewatkan jika anda berkunjung ke Lampung Barat karena kita akan mengetahui tempat saksi sejarah yang pernah terjadi di Lampung Barat ini.

Antara lain wisata sejarah dan budaya yang ada di Lampung Barat yaitu :
1. Makam Patih Gajah Mada
Siapa yang tidak mengetahui kesohoran patih dari Kerajaan Majapahit yang bercita-cita menyatukan bumi nusantara ini, Gajah Mada. Konon ada sebuah makam yang terletak di Pekon Pugung yang di percayai oleh masyarakat sekitar bahwa makam tersebut adalah sebuah makam dari maha patih kerajaan Majapahit yaitu : Gajah Mada. Menurut cerita masyarakat yang berkembang dahulu kala kapal yang ditumpangi oleh Maha Patih Gajah Mada beserta awak kapalnya tenggelam di kawasan perairan Pekon Pugung dan setelah dapat selamat dan tiba di Pugung sang maha Patih Gajah Mada akhirnya jatuh sakit kemudian meninggal dunia dan di kebumikan di Pekon Pugung tersebut.

2. Situs Purbakala Purawiwitan
Situs Purbakala Purawiwitan adalah sebuah peninggalan kuno pra sejarah yang terletak di Pekon Purawiwitan yang berupa susunan komplek batu Menhir yang tersusun rapi yang diduga digunakan oleh para nenek moyang sebagai tempat pertemuan dan pemujaan pada jaman purbakala. Selain situs prasejarah tadi adapula situs prasejarah Batu Jagur, situs prasejarah batu Brak, dan Situs Batu temang Purajaya. yang sangat sayang untuk di lewatkan untuk dikunjungi.

3. Desa Wisata Hujung
Desa Wisata Hujung adalah sebuah tempat wisata yang bernuansa keindahan alam pedesaan yang permai. Fasilitas yang ditawarkan bukanlah sebuah hotel mewah tetapi Rumah adat dengan ciri khas Lampung Barat dan di desa Wisata Hujung ini kita dapat merasakan betapa indahnya menikmati kehidupan desa yang sangat jauh dari bisingnya hidup di perkotaan dan kita pun dapat langsung terjun dalam kehidupan desa dalam kegiatan sehari-hari seperti bercocok tanam di sawah, mencuci pakaian dan mandi di sungai dan banyak yang lainnya.

4. Rumah Tradisional Kenali
Rumah Tadisional Lampung ini terletak di Desa Sukadana Kenali, dimana Rumah tersebut merupakan rumah tradisional ciri khas Lampung Barat yang menjadi cagar budaya dan sampai saat ini masih terjaga keasliannya.

5. Pesta Budaya
Pesta Budaya yang ada di Kabupaten Lampung Barat ini meliputi Pesta Sakura dan Festival Teluk Stabas. Pesta Sakura adalah acara yang di adakan setiap hari raya lebaran sedangkan Fesival Teluk Stabas dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Juli yang kegiatan acaranya meliputi : Atraksi Damar, Volley Pantai, Kebut Gunung Pesagi, Pacu Kambing, Muayak, Lomba tari Kreasi, Lomba Lagu Daerah, Lomba Muli-Mekhanai, Arung Jeram, Jelajah Alam, Kebut Wisata Liwa, dan Layang-layang.


Demikianlah tadi beberapa tempat wisata budaya dan sejarah yang ada di Kabupaten Lampung Barat, mari kita jaga keindahan dan keasrian alam kita agar anak dan cucu kita nanti masih dapat menikmati juga keindahan pesona alam negeri ini.

2 comments :

  1. Terima kasih infonya
    Jangan lupa kunjungi

    https://ppns.ac.id/

    https://selinganhidup.wordpress.com

    ReplyDelete