Saturday 6 August 2016

Peranan Lingkungan Pendidikan serta Implementasinya



LINGKUNGAN PENDIDIKAN

Lingkungan pendidikan merupakan segala sesuatu yang ada disekitar kita dan dapat memberikan pengaruh kuat kepada individu yang bersangkutan.

Peranan Lingkungan Pendidikan

  • Peranan Lingkungan Keluarga

Artinya keluarga sebagai pendidikan informal berperan sebagai sumber utama pembentuk pola piker anak. Didalam lingkungan keluarga  yang member kesempatan sepenuhnya untuk pertumbuhan dan perkembangan adalah orang tua. Orang tua mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk mendidik anak-anaknya.
Implementasi :
Dalam kehidupan sehari-hari  orang tua memberikan pendidikan kepada anaknya, seperti :
  1. Pendidikan budi pekerti dengan cara memberikan peraturan –peraturan tertentu kepada anak.
  2. Pendidikan sosial dengan cara melatih anak agar bergaul dan berkomunikasi dengan baik terhadap lingkungan sekitar.
  3. Pendidikan intelek dengan cara mengajarkan anak tentang kaidah-kaidah bertutur kata yang baik.
  4. Pendidikan agama dengan cara melatih dan membiasakan anak  untuk beribadah kepada Tuhan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.


  • Peranan Lingkungan Sekolah

Artinya sekolah memegang peranan penting dalam pendidikan. Sebagai pendidikan formal sekolah juga menumbuh kembangkan dalam kemampuan kognitif, afektif dan juga psiomotorik siswa.
Implementasi :
Dalam kehidupan sehari-hari  pendidikan di lingkungan sekolah dilakukan dengan :
  1. Pembinaan dan pengembangan kepribadian anak di sekolah.
  2. Dengen mengorientasikan pada tujuan tertentu yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah,sehingga siswa  dapat menolong dirinya sendiri dalam hidupnya sebagai makhluk individu dan makhluk sosial melalui pembekalan  dalam semua bidang studi.
  3. Guru berperan penting dalam pendidikan untuk memberikan bantuan dan dorongan yang dapat mendisiplinkan siswa agar siswa dapat mempunyai rasa tanggung jawab dengan apa yang dia lakukan.


  • Peranan Lingkungan Masyarakat

Artinya lingkungan masyarakat tidak kalah penting bagi pendidikan anak. Manusia sebagai makhluk sosial yang bersama-sama menciptakan kehidupan bersama yang bertanggung jawab, untuk mencapai kesejahteraan sosial  yang  dinamis.
Implementasi :
Dalam kehidupan sehari-hari peran lingkungan masyarakat dalam pendidikan anak meliputi segala bidang :
  1. Pembentukan kebiasaan-kebiasaan, pembentukan pengetahuan, sikap dan minat, maupun pembentukan kesusilaan dan keagaman.
  2. Anak juga dapat mengikuti organisasi kepanduan, perkumpulan pemuda, olahraga, kesenian, koperasi dan lainnya, dengan begitu anak akan belajar menjadi manusia social yang bertanggung jawab.

No comments :

Post a Comment