- Ekonomi Mikro
Dalam kegiatan ekonomi manusia terdapat beberapa
permasalahan yang tergolong dalam lingkup yang lebih kecil, yaitu ekonomi
mikro. Ekonomi mikro mempelajari bagian kecil dari kegiatan perekonomian.
- Konsep Ekonomi Mikro
Secara umum, ekonomi mikro membahas perilaku ekonomi
dalam lingkup individu, rumah tangga, perusahaan, dan pasar. Pembahasannya meliputi
pemanfaatan sumber daya ekonomi bagi kehidupan masyarakat serta perilaku
produsen dan konsumen dalam melakukan interaksi di pasar. Cakupan pembahasan
ekonomi mikro terbatas pada kegiatan ekonomi yang lebih sempit dan khusus.
- Komponen Ekonomi Mikro
1) Interaksi di Pasar Barang
Kegiatan tawar-menawar barang dilakukan antara
penjual dan pembeli atau produsen dan konsumen di pasar. Kegiatan ini dilakukan
untuk membentuk harga sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Pembentukan harga
terjadi melalui proses interaksi permintaan dan penawaran antara penjual dan
pembeli. Kesepakatan hargga akan menghasilkan harga keseimbangan. Dengan mempelajari
ekonomi mikro dapat diketahui permasalahan yang terjadi dalam interaksi di
pasar, misalnya kenaikan harga kebutuhan pokok.
2) Interaksi di Pasar Faktor Produksi
Pasar faktor produksi menyedikaan faktor-faktor
produksi yang dibutuhkan oleh rumah tangga produseb untuk melakukan kegiatan
produksi. Faktor produksi meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia,
sumber daya modal, dan kewirausahaan. Faktor-faktor produksi tersebut
disediakan oleh rumah tangga konsumen. Atas penyediaan faktor-faktor produksi,
rumah tangga konsumen akan memperoleh balas jasa. Pada pasar faktor produksi
juga terjadi tawar menawar antara produsen dan konsumen dalam pembentukan
harga.
3) Prilaku Produsen dan Konsumen
3) Prilaku Produsen dan Konsumen
Kegiatan produsen dan konsumen dalam kegiatan
ekonomi didasari oleh tujuan masing-masing. Pada ekonomi mikro akan dibahas
mengenai upaya konsumen dalam memenuhi kebutuhannya dengan pendapatan yang
terbatas. Sementara itu, pada prilaku produsen dibahas mengenai upaya produsen
memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Anggapan-anggapan yang digunakan untuk
menganalisis prilaku produsen dan konsumen dalam kegiatan ekonomi sebagai berikut.
a.
Produsen dan
konsumen melakukan kegiatan ekonomi secara rasional.
b.
Konsumen berusaha
untuk memperoleh kepuasan maksimal dengan dana yang terbatas.
c.
Produsen berusaha
untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dengan pengorbanan tertentu.
No comments :
Post a Comment