Saturday 3 October 2015

Perilaku Adil : Pengertian dan Contoh Perilaku Adil


Perilaku Adil
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Perilaku Adil : Pengertian dan Contoh Perilaku Adil, semoga artikel tentang Perilaku Adil : Pengertian dan Contoh Perilaku Adil bisa bermanfaat bagi para pembaca. berikut uraian penjelasannya.

  • Pengertian Adil
 Kata adil secara bahasa artinya sama berat, tidak berat sebelah, atau tidak memihak. Secar istilah, adil diartikan dengan sikap menempatkan sesuatu pada tempatnya secara proporsional. Dengan demikian, adil tidak selalu berarti memberikan sesuatu kepada orang lain dengan jumlah sama. Dalam Al-Qur,an, kata adil mengandung banyak pengertian sesuai konteks ayatnya. Adil kadang diartikan dengan seimbang, benar, tebusan, atau memberikan segala sesuatu kepada yang berhak. Contoh pengertian adil sebagaimana dijelaskan dalamfirman Allah berikut.


يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُونُوا۟ قَوّٰمِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَآءَ لِلّٰـهِ وَلَوْ عَلَىٰٓ أَنفُسِكُمْ أَوِ الْوٰلِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ
Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu . . . . (Q.S. an-Nisa'[4]: 135)

Keadilan pada ayat di atas mengandung pengertian bersikap seimbang atau jujur saat menjadi saksi, baik kepada diri sendiri, orang tua, maupun kerabat kita. Pengertian adil ini berbeda dengan ayat Al-Qur'an lainnya yang artinya, "Sungguh, kami telah mengutus rasul-rasul kami dengan bukti-bukti yang nyata dan kami turunkan bersama mereka kitab dan neraca (keadilan) agar manusia berlaku adil . . . . (Q.S. al-Hadid [57]: 25). Keadilan pada ayat ini mengandung pengertian memberikan segala sesuatu kepada yang berhak, baik pribadi atau golongan, tanpa melebihi dan mengurangi.

Berdasarkab pengertian di atas, untuk menetapkan keaddilan dapat diukur menggunakan hati nurani dan rasio maupun fisik dan pancaindra. oleh karena itu dalam bahasa Arab, adil dapat dibedakan menjadi dua istilah, yaitu al-'Adl dan al='Idl. al-'Adl merupakan keadilan yang ukurannya didasarkan pada kalbu atau rasio dan al-'Idl merupakan keadilan yang dapat diukur dengan fisik atau pancaindra, seperti timbangan dan hitungan. Dengan demikian, keadilan tidak hanya diukur dengan besarnya bagian materi yang sama rata, tetapi sesuatu yang bersikap abstrak yang hanya dirasak oleh kelapangan hati dan pikiran.

  • Contoh Perilaku Adil
a. Adil Untuk Diri Sendiri
Contoh sikap adil adalah proporsional dalam menjalani hidup dengan tidak menghabiskan waktuu hanya untuk beribadah atau membantu orang lain, tetapi juga mempehatikan hak terhadap diri sendiri. Tidak memaksa tubuh untuk terus-menerus bekerja pada waktu istirahat juga merupakan contoh perilaku adil terhadap diri sendiri.
Dalam Islam setiap muslim diwajibkan untuk berlaku adil untuk diri sendiri, yaitu dengan menyeimbangkan antara hak tuhan, dirinya, dan orang lain. sebagaimana pesan Rasulullah saw. kepada abdullan bin 'Amr ketika ia terus-menerus puasa pada siang hari dan salat pada malam hari. "Sesungguhnya untuk tubuhmu ada hak (untuk beristirahat), dan sesungguhnya bagi kedua matamu punya hak., dan kepada keluargamu punya hak, dan untuk orang berziarah kamu juga memb\punyai hak." (H.R. Muttafaq 'Alaih).

No comments :

Post a Comment