Mendengar kata manajemen mungkin tak asing bagi kita
terutama yang memilih jurusan IPS. Dalam perkembangan waktu yang terus
berjalan, ilmu manajemen terus berkembang. Manajemen memberikan pemahaman
kepada manusia dalam meneliti, menganalisis, dan memecahkan masalah kaitannya
dengan bidang manajemen. Dan kali ini kita akan membahas tentang Unsur-Unsur
Manajemen.
Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno,
menagement, artinya seni melaksanakan dan
mengatur. Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia (2008) Edisi Keempat, manajemen adalah penggunaan sumber daya
secara efektif untuk mencapai sasaran atau pimpinan yang bertanggung jawab atas
jalannya perusahaan dan organisasi.
Manajemen juga dapat diartikan sebagai
suatu proses untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan
tertentu, manajer harus memastikan fungsi perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing),
penyusunan personalia (Staffing),
pengarahan (Actuating), dan
pengawasan (Controlling) berjalan
dengan baik
2.
Sarana
dalam Manajemen
- Manusia (Man)
Pada manajemen, faktor manusia berperan paling menentukan. Karena manusia
lah yang menyusun rencana dan juga melaksanakan proses manajemen untuk mencapai
tujuan yang ditetapkan. Karena itulah diperlukan manusia yang sesuai
kompetensinya.
- Uang (Money)
Uang termasuk salah satu sarana (Tools) yang tidakk dapat diabaikan untuk
mencapai tujuan tertentu.
- Bahan (Materials)
Bahan (materials) meliputi bahan mentah (raw materials), barang setengah
jadi, dan barang jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil terbaik,
dibutuhkan bahan-bahan berkualitas dengan harga tertentu. Penentuan bahan
berkualitas dengan didukung sumber daya manusia yang kompeten dapat mencapai
tujuan.
- Mesin (Machines)
Mesin modern dapat mempermudah pelaksanaan proses produksi dan
menciptakan efesiensi kerja. Selain itu, suatu perusahaan dapat menghasilkan
keuntungan lebih besardengan bisya produksi tertentu.
- Metode (Methods)
Diperlukannya sebuah metode tertentu, yaitu suatu cara kerja yang teratur
dan tersistem.
- Pasar (Market)
Pasar
adalah tempat bertemunya penawaran dan permintaan barang dan/atau jasa pada
waktu dan tingkat harga tertentu. Perusahaan harus mampu memproduksi produk
yang berkualitas dan berdaya saing agar menguasai pasar.
3.
Tingkatan
Manajemen
Tingkatan Manajemen dapat dibedakan menjadi
cakupan kegiatan manajemen dan hierarki manajemen.
a. Cakupan Kegiatan Manajemen
Berdasarkan cakupan kegiatannya, manajemen dibedakan menjadi dua, yaitu :
- Manajemen Umum
Manajemen umum bertugas mengatur, mengawasi, dan mempertanggung jawabkan
keseluruhan satuan kerja atau divisi operasional mencakup kegiatan fungsional
satuan kerja.
Manajemen Fungsional bertanggung jawab hanya pada satu bidang manajemen
tertentu, seperti pemasaran, personalia, produksi, administrasi, dan keuangan.
b. Hierarki Manajemen
Berdasarkan hierarkinya, manajemen dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu :
- Manajemen puncak (Top Management) (gambar)
Manajemen puncak terdiri atas para dewan direktur tan eksekutif.
Manajemen punjuka bertanggung jawab terhadap keseluruhan aktivitas sebuah
organisasi. Tugasnya adalah merencanakan kegiatan dan strategi serta
mengarahkan jalannya perusahaan.
2. Manajemen Menengah (Middle Management)
2. Manajemen Menengah (Middle Management)
Manajemen menengah terdiri atas beberapa tingkatan dalam sebuah
organisasi yang dapat dicapai melalui keterampilan manusiawi. Manajemen
menengah berperan sebagai penghubung
antara manajemen puncak dan manajemen bawah. Tugas manajemen menengah
adalah menggerakkan dan mengarahkan kegiatan para kepala subdivisi dan karyawan
operasional.
3. Manajemen Lini Pertama (First-Line Management)
Manajemen
lini pertama bertugas memimpin dan mengawasi tenaga operasiona. Manajemen lini
pertama bertanggung jawab melaksanakan keputusan dan rencana yang ditetapkan
manajemen tingkat menengah mencakup prosedur, teknik, pengetahuan, dan keahlian
dibidang khusus
No comments :
Post a Comment