Tuesday, 13 September 2016

Tahapan Dalam Proses Pernikahan Yang Syar'i

Tahapan Dalam Proses Pernikahan Yang Syar'i



  • Ta'arruf (perkenalan)


  • Nadhor (melihat kondisi fisik dan non fisik masing2 calon, dimana seorg laki2 diperbolehkan melihat aurat calon istrinya, dgn didampingi oleh mahram terdekat masing2 calon).

Yang jelas semua info yang dibutuhkan dan berkaitan dengan hubungan rumah tangga harus semuanya dibuka apa adanya. Bila dianggap tdk sesuai boleh dibatalkan.
Cuma info masing-masing pihak gak boleh dipublikasikan, baik info fisik maupun catatan penyakitnya.
Kedua kubu boleh mengajukan penolakan, baik laki2 maupun perempuan. Jika kubu wanita gak suka dia bebas untuk menolak, begitu jg sebaliknya.

T: *mau tanya,kl diliat pd thp nadhor itu betul2 soal fisik ya Tadz..bgmn dg sifat(bawel,pendiem,galak dll)/Kecocokan berkomunikasi? Bknkah ini penting juga dlm berumah tangga?

J: Kalo sifat yang kang aviv sebutin itu bisa diungkap saat ta'aruf kang atau saat nadhor pun bisa..Ditanyain ke anggota keluarga yang paling kenal dengan sifatnya si calon istri kang.

  • Tahap selanjutnya : khithbah (lamaran).

Pada tahap ini pihak laki-laki baik secara langsung (ini yang afdlol) atau melalui perwakilan mengajukan lamaran kepada pihak wanita tanpa harus dipertemukan lagi antara kedua calon.
Kagak boleh ada yang namanya tunangan apalagi make tuker cincin. Sebab tunangan bukan berasal dari sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Sedangkan tukar cincin bentuk tasyabbuh (menyerupai) orang kafir.
Nah, terhitung sejak tanggal lamaran diterima maka sejak itu selama kedua belah pihak tidak mengajukan pembatalan maka pihak wanita gak boleh menerima lamaran dari laki-laki lain. Adapun pihak laki-laki masih boleh mengajukan lamaran ke pihak wanita yang lain (jika kuota dia masih ada).
Jadi dalam waktu yang bersamaan laki-laki boleh melakukan ta'aruf, nadhor, dan khithbah pada beberapa wanita.

  • Setelah itu akad nikah, prosesi seperti biasa dengan calon wanita tidak dipajang ke tamu laki-laki yang bukan mahramnya.

Dan yang afdlol yang menjabat tangan calon suami adalah ayah/mahram laki-laki terdekat bagi calon istri.

»Mahar disebutkan disaat akad nikah, kagak mesti seperangkat alat sholat...Mahar termasuk rukun nikah.

T: Yang benar memurahkan mahar atw memudahkan mahar ustadz?

J: Jika memurahkan masuk dalam kategori memudahkan ya dimurahin aja maharnya. Mudah kan gak mesti murah.

Mahar seperangkat alat sholat bukan wajib bukan juga sunnah bahkan mengharuskan keberadaannya bisa menggiring ke bid'ah. Yang jelas syari'at tidak menetapkan sebagai mahar yang kudu ada.

T: Soal nikah di masjid itu ada dalilnya ga ustadz?

J: Gak ada dalil akad nikah kudu di masjid, melazimkannya bisa menggiring ke bid'ah.

T: Sama kriteria wali/saksi pernikahannya jg..

J: Wali harus ortu kandung atau mahram ortu laki-laki yang paling dekat. Saksi kudu orang yang persaksiannya bisa dipertanggung jawabkan.

T: Ustadz, apakah benar seorg ayah (kdg)boleh menikahkan anaknya (pr) tanpa persetujuan dan kehadiran si anak?

J: Kalo anaknya perawan dan orang tua paham betul akan kualitas agamanya dan keamanahan agamanya, maka gak ada masalah insya Allah.
Kalo anaknya janda maka harus minta persetujuannya.
Wallahu a'lam bish showwab.

  • Tahap selanjutnya : walimatul 'ursy (resepsi), boleh dilangsungkan setelah akad nikah. Boleh ditunda.

*selesai, wallahu a'lam bish shawwab*

Kita munculkan pertanyaan soal nikah ya:

T: Ustadz, kl wanitanya blm tau banget pengetahuan agmnya, apa ga boleh nikah sm lk2 yg sdh paham, jd bisa dibimbing?

J: Boleh aja asal laki-lakinya mau dan siap untuk membimbing.

T: 1. Apa boleh akad nikah dengan beberapa wanita dalam 1 waktu?

J: boleh saja seorang laki-laki melakukan akad nikah dengan beberapa wanita selama kuotanya masih ada *kuota 4 istri-

T: 2. Jika demikian bagaimana pembagian malam pertamanya?

J. wanita yang paling awal diakad adalah yang jatah malam pertamanya paling belakangan. Adapun lama waktunya : jika janda 3 hari 3 malam, jika perawan 7 hari 7 malam.
Contoh : jika si a melakukan 2 akad nikah pada waktu bersamaan, yang pertama dengan janda yang kedua perawan, maka pembagian malam pertamanya : perawan dapat jatah lebih dulu selama 7 hari 7 malam. Si janda dapat jatah 3 hari 3 malam, dihitung dari hari ke 8 dari hari si perawan.
Selanjutnya pembagian malam diatur sesuai dengan kemampuan si pria, boleh sehari semalam per org, per dua hari dst yang jelas jumlah hari dan malam mesti sama.

T: Kl sebelumnya si pria sdh nikah, trs mau pake kuota yg sisa yg diakad bareng, pembagian giliran sm yg pertama bgm ustadz?

J: Yang pertama ditunda hingga pembagian malam pertama yang baru selese.

T: Ustadz, apa boleh kl mengumpulkan istri dlm satu rmh?

J: Kalo rumahnya bertingkat dibolehkan bu. Jika tidak tapi mampu membuat batas rumah hingga terpisah dengan jelas bagian tiap istri maka boleh insya Allah, tp lbh dr sekedar kamar. Kalo betuknya seperti kos2an gak ada masalah bu, yang masing-masing punya pintu.

T: Bgm hukumnya bg org yg tdk menikah, apakah tdk menyelisihi sunnah Rasulullaah?

J: Kalo wanita gak wajib untuk menikah. Ini secara hukum asal, beda dgn laki2 bu.
Karena khithob (yang diajak) bicara dalam hadits soal nikah hanya untuk laki-laki bu. Kemudian para ulama mengkaitkannya dengan adanya hadits yang menerangkan diantara tanda dekatnya kiamat adalah ketika jumlah pria dan wanita menjadi 1:5. Jumlah wanita yang lebih banyak dari para pria akan menimbulkan kesulitan bagi para wanita untuk menikah sebab 5 wanita harus bersaing untuk mendapatkan 1 laki-laki. Itu kl mrk ga mau dimadu.

T: kl pernikahan dgn sepupu itu bgm?

J: Boleh bu gak ada larangan baik sepupuannya dari pihak bapak atau ibu.

T: Trs yg spt Ali رضي اللّه عنه dgn Fatimah رضي اللّه عنها itu kan paman dgn keponakan?

J: Iya bener bu, itu sah-sah aja bu. Kalo mau buat tante dengan ponakan juga bisa.

*Masalah ta'aruf dll udah dijelaskan alhamdulillah.


2 comments :